Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandung Zoo, Wisata Kebun Binatang Bandung Yang Bikin Happy Keluarga

Jabarkelana - Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung, merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang berlokasi di kota Bandung. Kebun binatang ini telah berdiri sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Meskipun beberapa kontroversi terkini terkait kepemilikan lahan Bandung Zoo, tempat ini masih tetap menjadi pilihan wisata yang dapat dikunjungi seperti biasanya.

Bagi keluarga, kebun binatang selalu menjadi destinasi wisata yang direkomendasikan, terutama jika Anda memiliki anak-anak yang masih berusia dini. Ada banyak pengalaman seru dan berkesan yang dapat mereka nikmati di sini, dengan koleksi lebih dari 800 hewan dari berbagai spesies.

Tanpa perlu menunggu lama, mari kita simak ulasan tentang Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung sebagai referensi untuk liburan edukatif keluarga di pusat Kota Bandung.

Bandung Zoo

Lokasi Kebun Binatang Bandung

Bandung Zoo terletak di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi,Kota Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.


Rute Menuju Bandung Zoo

Untuk mencapai Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung dari Jakarta atau Garut, Anda dapat menggunakan akses jalan tol dan keluar di Pasteur. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan petunjuk rute yang lebih rinci. Bandung Zoo hanya berjarak sekitar 3 menit dari Sasana Budaya Ganesha ITB.


Harga Tiket Kebun Binatang Bandung

Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung berbeda antara hari biasa dan hari libur:

  • Rp. 50.000,- per orang pada hari biasa
  • Rp. 60.000,- per orang pada hari libur

Harga tiket berlaku untuk anak-anak maupun dewasa, dengan catatan anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm harus membeli tiket masuk.


Jam Buka Bandung Zoo

Bandung Zoo buka setiap hari mulai pukul 09 pagi hingga pukul 04 sore.

Bandung Zoo

Fasilitas Kebun Binatang Bandung

Di sekitar kawasan Kebun Binatang Bandung, terdapat berbagai fasilitas, antara lain:

  • Area parkir kendaraan
  • Masjid
  • Toilet
  • Tenant-tenant makanan dan minuman
  • Cafe
  • Spot foto
  • Amphitheater terbuka
  • Penyewaan tikar dan stroller
  • Area bermain anak
  • Tempat duduk, dan banyak lagi.


Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung telah ada selama sekitar 90 tahun. Didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP) tahun 1930. Pada masa Jepang, kondisinya kurang terawat, tetapi pada tahun 1956, Raden Ema Bratakusumah berhasil membubarkan Bandung Zoological Park. Pada tahun 1957, namanya diubah menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari. Kebun Binatang Bandung ini memiliki banyak kisah dan sejarah yang menarik.

kebun binatang bandung

Daya Tarik Bandung Zoo Tahun 2023

1. Tempat Wisata Yang Adem

Bandung Zoo menempati area yang sangat luas, sekitar 14 hektar, dengan pepohonan yang rindang di setiap sisi. Hal ini membuat suasana di dalamnya tetap sejuk, bahkan di siang hari yang terik. Pengunjung dapat piknik di bawah naungan pohon dan area khusus telah disediakan oleh pengelola.

2. Koleksi Binatang Yang Banyak

Bandung Zoo memiliki koleksi hewan yang sangat beragam, mulai dari unggas hingga binatang buas. Anak-anak pasti akan sangat senang melihat hewan-hewan favorit mereka. Kandang-kandang di Bandung Zoo bervariasi, ada yang tertutup, semi-tertutup, hingga semi-terbuka. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat singa, si Raja Rimba, sambil menikmati makanan di sebuah cafe yang berdampingan langsung dengan kandangnya.

3. Ragam Wisata

Selain melihat binatang, Anda juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan wisata seru seperti memberi makan hewan, naik unta atau gajah, dan bermain ATV. Untuk menikmati semua ini, ada biaya tambahan yang dimulai dari Rp. 10.000,-. Juga, jangan lewatkan Animal Show, di mana Anda dapat menyaksikan hewan-hewan pintar sebagai bintangnya. Jadwal Animal Show berbeda untuk hari biasa dan hari libur.

Meskipun ada beberapa fasilitas yang saat ini tidak berfungsi, Bandung Zoo tetap menjadi destinasi wisata yang direkomendasikan, terutama untuk membuat anak-anak bahagia.

Jadi, jadikan Bandung Zoo sebagai pilihan liburan keluarga Anda berikutnya di Kota Bandung. Anda akan menikmati pengalaman yang mendidik dan menghibur bersama dengan koleksi hewan yang luar biasa.


Pertanyaan Umum (FAQ) tentang Kebun Binatang Bandung

1. Apa syarat masuk Kebun Binatang Bandung?

Untuk masuk ke Kebun Binatang Bandung, Anda hanya perlu membeli tiket masuk. Anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm juga wajib membeli tiket.

2. Berapa harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung tahun 2023?

  • Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung adalah:
  • Rp. 50.000,- per orang pada hari biasa.
  • Rp. 60.000,- per orang pada hari libur.

3. Di mana lokasi Kebun Binatang Bandung?

  • Kebun Binatang Bandung terletak di Jl. Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.


Penutup

Kebun Binatang Bandung, atau yang dikenal juga dengan sebutan Bandung Zoo, adalah destinasi wisata yang kaya sejarah dan menarik di pusat Kota Bandung. Meskipun ada beberapa kontroversi terkait kepemilikan tanah, Bandung Zoo tetap menjadi tempat yang bisa dikunjungi oleh keluarga Anda untuk mendapatkan pengalaman wisata yang mendidik dan menghibur. Dengan harga tiket yang terjangkau, beragam koleksi binatang, suasana yang adem, dan berbagai fasilitas yang tersedia, Bandung Zoo menawarkan banyak kesenangan dan pengetahuan. Jadi, jadikan Bandung Zoo sebagai tujuan liburan keluarga Anda berikutnya di kota Bandung, dan nikmatilah waktu berkualitas bersama koleksi hewan yang menakjubkan.

WaRgA SiPiL
WaRgA SiPiL Mengutip sabda Rasulullah, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad). Besar harapan saya semoga hadirnya Blog ini. bisa memberikan manfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk " Bandung Zoo, Wisata Kebun Binatang Bandung Yang Bikin Happy Keluarga"